Kebersihan Umum > Cara Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan di Rumah Anda!

Kebersihan Umum

Cara Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan di Rumah Anda!

30 August 2019

Jika Anda memutuskan untuk menjadikan rumah Anda sebuah tempat yang ramah hewan peliharaan, itu pasti terjadi karena Anda mulai menyadari betapa menyenangkan, lucu dan menawannya memiliki hewan peliharaan.

Mempunyai ikatan erat dengan kucing atau anjing juga dapat membantu mengurangi tekanan darah dan memberi Anda pandangan hidup yang lebih positif.

Lalu apa sih masalahnya? Masalah terbesar datang ketika hewan peliharaan kesayangan Anda ini mulai mengalami kerontokan pada bulu-bulu halus mereka dan tentu saja ini mengganggu.

Mengapa oh mengapa ini bisa terjadi? Tenang … Anda tidak perlu khawatir lagi karena kali ini kami akan memberikan ulasan tentang bagaimana cara untuk membersihkan bulu hewan peliharaan di dalam rumah Anda dalam waktu sekejap dan anti-ribet. Kira-kira gimana ya? Yuk mari langsung disimak saja!

Baca juga: Cara Membasmi Cicak di Rumah Anda


Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan dari Lantai

Untuk pembersihan ini, gosokkan batu apung dengan lembut di sepanjang permukaan karpet atau lantai Anda. Rambut dan bulu apa pun akan terkumpul dengan mudahnya.

Gak cuma itu aja, Anda juga dapat menggunakan alat FURminator di karpet Anda, yang bila digunakan dapat dengan cepat menghilangkan rambut dan bulu tetapi tidak akan merusak karpet.

Alternatif lainnya adalah ‘sambil menyelam minum air’ alias saat sedang menyedot debu karpet Anda, bersihkan setiap area sebanyak dua kali untuk menangkap bulu hewan dan kotoran lain yang membandel.

Pada lantai kayu keras atau laminasi, gunakan pel kain kering yang menghasilkan elektrostatik atau kain microfiber yang bisa menangkap debu dan bulu hewan.

Catatan : Penggunaan vacuum cleaner cenderung dapat meniupkan debu dan bulu ke semua ruangan dibandingkan. Sehingga harus selalu diperhatikan baik-baik.


Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan Dari Furniture

Bersihkan bulu hewan peliharaan dari kain pelapis dan lainnya menggunakan sarung tangan karet yang basah dengan menggerakkan tangan Anda di atas permukaan untuk menarik bulu yang menempel.

Cukup bilas sarung tangan ketika sudah ditutupi dengan bulu dan ulangi proses ini sesuai kebutuhan. Jika Anda tidak memiliki sarung tangan karet, cobalah gunakan spons yang agak basah. Anda akan menyukai metode ini karena tidak memerlukan banyak peralatan yang mahal.

Cara lainnya adalah dengan menyemprotkan sedikit campuran air dan pelembut kain ke furnitur berlapis Anda, lalu bersihkan dengan kain microfiber sampai bulu terangkat sempurna.

Untuk menghilangkan bulu hewan peliharaan dari perabotan kayu, gunakan kain lembut dan semir furnitur atau semprotan debu anti-statis.

Semprotan akan menghilangkan muatan listrik, membuat pembersihan lebih mudah dilakukan dan mengurangi kemungkinan bahwa rambut dan bulu hewan peliharaan Anda akan kembali menempel.

Baca Juga : Apa itu Kutu Busuk dan Bagaimana Cara Mengatasinya?


Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan dari Pakaian

Jika Anda mau mengangkat bulu hewan peliharaan dari pakaian, Anda bisa menggunakan sikat khusus. Penggunaannya cukup mudah, gosokkan sikat secara lembut ke atas tempat di mana bulu banyak menempel, lalu angkat bulu tersebut. Cara ini juga bisa dilakukan berulang kali sesuai kebutuhan tanpa harus khawatir pakaian kesayangan Anda jadi rusak.

Untuk jumlah rambut dan bulu yang lebih banyak, coba masukkan pakaian Anda di pengering selama 10 menit. Atau gunakan bola pengering dengan tambahan pelembut yang pas.

Mesin pengering dan pelembut dapat membersihkan pakaian Anda dari bulu dan rambut hewan yang menempel. Menambahkan pelembut ke mesin cuci juga bisa membantu Anda untuk mengangkat bulu tanpa merusak tekstur pakaian Anda.


Cara Merawat Hewan Peliharaan Agar Bulunya Tidak Rontok Lagi

Anda bisa menyikat atau mem-FURminasi hewan peliharaan sekitar dua kali seminggu. Apabila cara ini dilakukan secara rutin, Anda dapat mengurangi jumlah rambut dan bulu-bulu yang mengganggu disetiap ruangan Anda.

Anda dapat mencoba untuk mengikat kaus kaki tipis di atas selang vakum lalu menyedot bulu anjing atau kucing dan lihat sendiri hasilnya.

Jadi, gimana nih? Ternyata gampang banget kan membersihkan bulu dari hewan kesayangan Anda. Selamat mencoba ya!